Apa dan Bagaimana Metode French Press Manual Brewing Coffee

Mari kita berlanjut mengulas macam-macam alat seduh kopi manual. Kalau di kesempatan yang lalu saya sudah sedikit membahas tentang pengertian manual brewing coffee dan beberapa contoh dari alat seduh kopi dengan metode pour over, sekarang saya akan mengulas tentang French Press Manual Brewing Coffee.

French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi
French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi


Sejarah French Press Manual Brewing Coffee Tool

Adalah pasangan desainer asal Milan, Italy, Attilio Calimani dan Giulio Moneta yang mematenkan desain bentuk alat seduh kopi French Press pada sekitar tahun 1929. Mereka yang menyempurnakan alat seduh ini dari yang pertama kali ditemukan hanya menggunakan batang kayu dengan kain atau saringan logam sebagai penekan dalam proses penyeduhannya. Kemudian seiring perkembangan teknologi ditahun 1958 Falerio Bondanini menyempurankan lagi desainnya. Pria asal Swiss ini kemudian mematenkan desainnya dan memproduksi secara massal dengan nama Chambord. Sejak itulah alat seduh kopi French Press mulai populer di kawasan Eropa dan dunia.

French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi
French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi


Tampilan dan Prinsip Dasar Alat Seduh Kopi French Press

French Press, seperti namanya bukan alat seduh kopi pour over seperti Hario V60, Chemex, Kalita Wave, ataupun Vietnam Drip, melainkan alat seduh kopi dengan metode press atau tekanan.
Berbentuk seperti tabung atau gelas yang biasanya terbuat dari kaca, bahan stainless atau plastik. Mempunyai tutup yang berkaki seperti batang berfungsi sebagai penekan. Penekan ini biasa disebut dengan plunger. Plunger french press pada bagian bawah terdapat seperti saringan atau kasa yang berfungsi sebagai pemisah ampas dengan minuman kopi.

French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi
French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi


Proses Penyeduhan dari French Press

Proses seduhnya lebih sederhana di bading dengan alat seduh kopi pour over yang memerlukan tinggat ketelitian lebih tinggi. Saya akan coba beri gambaran singkat proses penyeduhannya.

- Pertama, anda hanya perlu menyiapkan gelas french press. Ada baiknya hangat terlebih dahulu gelas tersebut dengan cara menyiraminya dengan air panas.

- Kedua, masukkan kopi yang sudah dihaluskan ke dalam gelas french press dengan tingkat kehalusan yang sesuai dengan selera anda. 

- Ketiga, sirami bubuk kopi pada gelas french press dengan sedikit air panas untuk proses blooming. Kurang lebih sekitar 30  detik.

- Keempat, tuangkan air panas dengan volume tertentu sesuai selera anda. Tutup gelas dengan penutup sekaligus penekan french press. Diam kan beberapa saat.

- Kelima, setelah proses ekstraksi selama 1 sampai 4 menit dorong penekan french press secara perlahan ke bawah. Dan kopi pun siap dihidangkan dengan ampas yang sudah terpisah dari minuman kopi.

French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi
French Press - MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi


Karakter Rasa Kopi yang Dihasilkan French Press

Jujur, apa adanya. French Press dengan proses penyeduhannya yang relatif sederhana diklaim mampu secara polos mengeluarkan semua karakter dari kopi yang diseduh. Saya pribadi berpendapat metode french press hampir mirip dengan kopi tubruk biasa dengan tekstur yang lebih smooth. Hanya saja perbedaanya pada kampas kopinya yang terpisah.

Sudah bisa membayangkan? 

French Press di indonesia sudah sangat populer. Bahkan untuk orang yang tidak terlalu cinta dunia kopi pun sudah banyak yang mengetahuinya. Akan tetapi untuk anda yang mengaku pecinta kopi, alat ini sudah seharusnya ada dalam salah satu barang koleksi anda. Harga alat seduh french press juga lebih murah dibanding dengan alat seduh lainnya. 

MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi
MLGretail  Supplier Alat dan Bahan Cafe - Kopi


Satu tempat yang bisa anda pilih untuk ini adalah MLGretail. Kenapa? Karena MLGretail merupakan supplier alat dan bahan cafe serta kopi terlengkap dan termurah di indonesia. Anda bisa cek langsung di website atau instagram MLGretail itu sendiri. Yang pasti tempat ini sangat recommended dan toko alat kopi yang terpercaya juga professional.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox