Kopi Tubruk, Manual Brewing Paling Sederhana

Sekilas Awal Mula Kopi Tubruk

Kopi Tubruk adalah ciri khan proses penyeduhan minuman kopi dari Indonesia. Akan tetapi sedikit sejarah lahirnya kopi tubruk ini juga perlu kita ketahui.

MLGRETAIL.CO.ID
 Kopi Tubruk merupakan metode Manual Brewing Coffee paling sederhana. Berawal dari penemuan cara menyeduh kopi oleh bangsa Turki, dimana pada saat itu biji kopi dihaluskan kemudian dimasak bersama air sampai mendidih di sebuah wadah atau panci sederhana yang dinamakan ibrik.

Sejak saat itu, cara ini menyebar ke segala penjuru dunia, tak terkecuali sampai ke Indonesia. Metode ini sampai di negara kita atas andil para pedagang-pedagang dari Gujarat India, serta Timur Tengah.

Oleh masyarakat Indonesia metode penyeduhan tersebut sedikit diubah. Yang pada awalnya kopi yang sudah dihaluskan dimasak bebarengan dengan air sampai mendidih, menjadi lebih sederhana. Karena oleh mayarakat Indonesia kopi tidak dimasak bersamaan dengan air, melainkan hanya kopi bubuk ditaruh di suatu wadah atau gelas, lalu disiram dengan air panas, aduk, jadi. Sederhana.

MLGRETAIL.CO.ID
 Kopi Tubruk, Kopi dengan Rasa Paling Jujur

Proses pembuatan yang sangat sederhana, bahkan paling simpel dibanding semua cara penyeduhan kopi. Tapi soal hasil rasa yang dihasilkan, jangan pernah meremehkan kopi tubruk.
Di Indonesia sendiri peminat kopi tubruk adalah jumlah peminat yang paling besar. Saya sendiri adalah salah satu yang memuja kopi ini. Hehehe.

MLGRETAIL.CO.ID

Bukan tanpa alasan, justru dari kesederhanan dan kepraktisan proses pembuatannya kopi tubruk ternyata menghasilkan rasa paling polos, sangat frontal tapi juga sangat berkarakter. Kalo boleh, secara sok filosofis (hihihi), menurut saya kopi tubruk adalah kopi yang jujur, tulus, apa adanya, cowok banget lah.
Wadaw jadi pengen ngopi nih, oke deh, sampai di sini dulu, next kita lanjut lagi bahas kopinya. Terima kasih sudah meluangkan waktu di sini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox