Tentang Manual Brewing Pour Over

Menindaklanjuti dari tulisan sebelumnya, yaitu mengenai bagaimana proses penyeduhan kopi tanpa mesin atau manual, yang beken disebut Manual Brewing Coffee , beserta sedikit penjabaran tentang sejarah penemuannya. Kali ini saya akan coba memberi beberapa ulasan mengenani salah satu metode dari Manual Brewing Coffee yaitu Pour Over.

MLGRETAIL.CO.ID
Prinsip dasar metode Manual Brewing Coffee 

Secara garis besar metode Pour Over ini adalah cara penyeduhan kopi dengan langkah awal menempatkan alat Pour Over di atas sebuas wadah saji. Selanjutnya menempatkan kertas penyaring di atas alat Pour Over. Langkah selanjutnya menaruh kopi yang sudah dihaluskan di atas kertas penyaring tersebut, lalu disiram dengan air panas. 

MLGRETAIL.CO.ID
Air panas dan kopi yang larut melalu pori-pori kertas tersebut turun melewati lubang khusus pada alat Pour Over dan berarkhir menjadi sebuah minuman kopi yang siap dinikmati.

Kopi yang berlarut dengan air panas akan tertahan di kertas penyaring selama beberapa waktu. Proses ini disebut juga ekstraksi kopi, yang diharapkan akan menghasilkan minuman kopi paling sesuai dengan selera.

Perkembangan dan Aneka Macam Pour Over Manual Brewing Coffee

Sejak ditemukan metode Pour Over ini mengalami banyak perkembangan. Mulai dari bahan, bentuk dan jumlah lubang dari alat Pour Over itu sendiri, hingga kertas penyaringnya. Bahkan sekarang kertas penyaringnya semakin bermutu terbuat secara khusus untuk Manual Brewing Coffee, yang mana para pecinta dunia kopi sering menyebutnya dengan Paper Filter Coffee.

Dari segi bentuk dan bahan, ada tiga macam nama alat Pour Over Manual Brewing Coffee yang paling terkenal dan sering kita jumpai di kedai-kedai kopi sekitar kita, antara lain V60, Chemex, Kalita, dll.
Dengan menggunakan metode Pour Over Manual Brewing Coffee banyak para penyeduh kopi mengklaim bahwa rasa kopi yang dihasilkan lebih lembut dan lebih murni terasa kopinya.

MLGRETAIL.CO.ID
Bagi anda yang ingin mencoba metode Pour Over Manual Brewing Coffee sendiri di rumah juga tentu bisa. Alat-alat kopi metode ini sudah banyak terdapat di pasaran. Atau lebih gampangnya anda bisa melihat-lihat katalog di tempat supplier alat-alat kopi rekomendasi dari kami yaitu di MLGretail. Karena disamping menyediakan banyak pilihan alat-alat kopi, kualitas dari barang juga sangat terjamin dan tentunya harga yang sangat terjangkau.

Oke, itulah tadi sedikit ulasan mengenai Pour Over Manual Brewing Coffee , semoga bermanfaat, sampai ketemu di tulisan-tulisan kami berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox